PERBAIKI CARTRIDGE RUSAK/ERROR

CARTRIDGE PG-40/41. PG-830 CL-831 PG-810 CL-830,
CANON IP. 1200, 1300, 1600, 1800, 2700
Bisa dicoba di cartridge Merek lain dengan jenis yang sama.


Tips ringan namun berguna ini (setidaknya bagi saya) saya share berdasarkan pengalaman sendiri sebagai pemakai Printer inkjet termasuk Canon. Selain itu berdasarkan data yang saya terima dari klien yang sering mampir ternyata keluhan yang paling sering dan cukup repot dari printer inkjet Canon ini adalah apabila Cartridge sudah terdeteksi rusak/ error oleh printer.

Biasanya error yang muncul adalah : Unrecognized Cartridge, not compatible atau cartridge tidak terpasang dengan benar. Bahkan sering muncul error cover tidak ditutup dengan benar. Intinya adalah Cartridge tersebut sudah terdeteksi rusak oleh printer sehingga chip printer menyarankan untuk segera mengganti catridge dengan yang baru….

Selesaikah masalah itu hanya dengan beli cartridge baru?.. mungkin Ya.., tapi bagi saya dan juga rekan-rekan yang menganut faham efisiensi dan iritisasi mungkin membeli cartridge adalah hal terakhir. Apalagi Cartridge Canon baik yang Genuine/asli maupun yang Compatible/lokal boleh dikatakan masih cukup MAHAL. Bahkan secara bergurau boleh dikatakan membeli sepasang Crtridge baru Canon ( black and color) sama dengan beli printer Canon baru itu sendiri. Apalagi bagi yang terbiasa memakai tinta suntik atau system Infuse, tentunya terasa berat bila harus membeli cartridge baru.

Agar cartridge Canon ataupun printer yang lain awet, maka perlu diperhatikan beberapa hal yang mungkin berguna ;
- Selalu periksa kondisi Cartridge dari kotoran/ tinta yang mungkin menetes atau mengotori printhead maupun terminal/chip connector.
- Bersihkan cartridge dengan kain halus/tisu dan jangan memakai kimia yang bisa merusak printhead maupun conector itu sendiri.
- Pasang kembali catridge saat kondisi connector benar-benar bersih dan kering. ini untuk mencegah korsleting pada printhead maupun connector itu sendiri.
- selalu melakukan test print dengan rutin dan teratur, untuk menjaga agar printhead tidak mempet atau banjir.
- Bagi yang menggunakan infuse system, periksalah kondisi tinta pada tabung infuse. Buanglah sisa tinta bila kelihatan sudah mengendap dan kelihatan warnanya berubah. Termasuk bila dijumpai kotoran lain didalamnya, cuci juga tabung infuse bila kelihatan sudah banyak endapan.

extrem repair cartridge

wonderfull result


Kembali kepada kasus cartridge yang rusak, saya sendiri sudah sering melakukan berbagai cara untuk mencoba mengatasi atau memperbaiki cartridge yang sudah rusak ini. Baik dengan menguras tinta didalam cartridge, membersihkan dengan aneka cairan pembersih maupun mencoba dengan meresetnya, namun dalam kasus cartridge RUSAK,biasanya jarang bisa segera menemukan solusinya, setidaknya menurut pengalaman saya.

Akhirnya setelah mencoba beberapa kali saya menemukan cara EXTREM dalam memeperbaiki catridge yang sudah benar-benar terdeteksi rusak. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Bersihkan dulu bagian Connector (dibelakang Cartridge) dengan pembersih halus, saya sendiri memakai cairan WD untuk membersihkan bagian Connector ini.
2. Siapkan Solder dengan panas sedang, usahakan memakai ujung solder (solder tip) yang runcing.
3. Agar tidak merusak bagian Conector, terutama karena hampir semua jenis Cartridge tipe ini menggunakan kable Fleksibel, maka saya mengolesi semua permukaan conector/bagian fleksible yang akan di treatment dengan FLUX atau cairan solder yang biasa dipakai untuk menyolder bagian2 kecil sebuah pcb/chip.
4. Sentuhlah/ panaskan dengan solder setiap connector di cartrdige, jangan terlalu panas/lama dan jangan sampai menyentuh bagian fleksiblenya.
5. Bila dijumpai bagian conector yang sudah aus, bisa memakai timah solder yang tipis untuk melapisi bagian conector tersebut…

Tringgggggggggggggggggg…… saya mencoba hal ini pada tiga printer/cartridge canon yang berbeda type. dan hasilnya ternyata diluar dugaan. semua cartridge yang tadinya sudah dianggap rusak dan harus diganti bisa dipergunakan lagi dan blinking karena cartridge terdeteksi rusak pun hilang….

magic result

repair cartridge


SELAMAT MENCOBA, semua tips ini hanya berdasarkan pengalaman sendiri, saya tidak bertanggung jawab atas resiko yang mungkin terjadi…
Usahakan anda mencoba tips ini hanya benar-benar pada Cartridge yang sudah RUSAK….

bagi rekan-rekan yang mungkin punya pengalaman dan tips yang mungkin berguna bisa share dengan saya. terima kasih.

About these ads

33 Komentar (+add yours?)

  1. aloha
    Nov 19, 2011 @ 10:16:24

    catridge sudah diganti masih tidak terdeteksi juga, gimana tuh solusinya?

    Balas

    • kang gudrill
      Apr 02, 2012 @ 02:17:58

      wah.. kalo printer canon saya juga sering jumpai hal seperti ini. Biasanya kalo pengalaman saya, lepas dulu dan bersihkan/keringkan semua cartridge dan printer. periksa juga conector catridge di printer mungkin ada yang berkarat atau tertutup tinta. cabut kabel power dan usb. biarkan dulu beberapa jam. coba test dulu (pinjam) pakai cartridge yg bener2 bagus. jangan lupa untuk canon tipe ip1700 kebawah hanya cocok dengan cartridge no.40/41. sedang printer ip1880-ip1980 bisa no.40/41 maupun 830/831. periksa juga mungkin power suply nya dah rusak… semoga membantu.

      Balas

  2. Erning
    Nov 23, 2011 @ 07:47:42

    kalo printer yang lama tidak digunakan trs pas mau d pke gak bisa gmn?catridge not recognize..gimana caranya?

    Balas

  3. angel
    Jan 02, 2012 @ 11:55:41

    saya coba gan ………………… semoga bermnfaat

    Balas

  4. rossy
    Feb 07, 2012 @ 23:53:35

    trim atas tipnya

    Balas

  5. helen pasaribu
    Feb 12, 2012 @ 19:00:03

    ok banget tuh,pasti gw praktekin deh

    Balas

  6. cmx rancaekek
    Feb 17, 2012 @ 00:48:07

    extreme dan harus di coba

    Balas

  7. andrew
    Mar 08, 2012 @ 23:15:44

    keren bang. aq jadi kepingin nyoba jg, karena cartridge 831 untuk warna kuning tidak keluar

    Balas

    • kang gudrill
      Apr 02, 2012 @ 02:03:26

      makasih telah nengok, kalo warna kuning gak keluar menurut penglamanku, mungkin kita bisa check dulu pakai tisu pada printheadnya (lapisan bawah cartridge tempat keluar tinta) pada jenis cartridge canon biasanya kalo bagus di tissue akan kelihatan 3 baris warna yang sama panjang (biru,kuning,merah) kalo gak keluar berarti mempet, maka penangannya kalo saya biasanya dibersihkan pakai cleaner khusus(yang berbahan dasar minyak baisanya lebih baik)., .
      Tapi kalo tinta keluar dengan baik pada tissue namun ketika dipakai ngeprint gak keluar mungkin printheadnya sudah ada yang rusak…

      Balas

  8. kebrangas@yahoo.com
    Mar 13, 2012 @ 11:13:16

    matur suwun….

    Balas

  9. Trackback: Perbaiki Katrid Rusak « Bejonewong’s Blog
  10. raosaggaf
    Mar 26, 2012 @ 21:09:44

    terima kasih ilmunya sangat berguna ni bagi kite-kite semua, semoga selalu dalam keafiatan amiin

    Balas

  11. Mack
    Apr 02, 2012 @ 18:49:33

    Terima kasi tips nya…
    Saya punya masalah hampir sama dengan Andew
    Sudah 4x ini catride CL-831 saya ga keluar warna merahnya ( selama ini saya langsung ganti catridenya )
    Test pake tissue selalu keluar 3 warna sempurna, tapi hasil print selalu warna merah ga mau keluar
    Bisa gak yah cara ini dipraktekkan pada kasus saya..?

    Balas

    • kang gudrill
      Apr 10, 2012 @ 13:02:55

      kalo cartridge gak keluar warnanya.., kalo pengalaman saya baisanya saya isi dulu cartridge dengan tinta (semua warna), check pakai tisu dibagian bawah printhead, kalo ada tinta yang membekas/keluar (tiga garis warna sama panjang) berarti cartridge tidak mempet, dan klo dipakai ngeprint tidak keluar berarti ada bagian printhead yang rusak. Ini biasanya cartridge sudah gak ketolong lagi dipakai ngeprint normal, namun tidak error. Bila ternyata waktu dicheck tinta tidak keluar/menetes normal pada tissu, kemungkinan cartridge mempet dan masih bisa diperbaiki, biasanya untuk kasus mempet saya rendam dengan cairan pembersih khusus yang abanyak dijual ditoko. Bila masih gak mkeluar jalan terakhir biasanya saya rendam pakai air panas.

      Balas

  12. yandi
    Apr 18, 2012 @ 17:05:55

    aduh yang punya aku dah disuntik semua keluar lewat tisue, tapi pas dicetak kuning sama merah ga keluar… tong dong bos solusinya,,, haturnuhun

    Balas

    • kang gudrill
      Apr 20, 2012 @ 13:09:58

      wah.. klo kasus seperti ini, menurut pengalaman kerusakan yang paling mungkin adalah pada sensor printheadnya, dia tidak mau nyemprot saat ngeprint. kalo sudah rusak jaingan kapiler printheadnya kayaknya sulit diperbaiki. sekedar saran: coba sedot dulu/keringkan semua isi tinta, cara extrem bisa dibongkar tutup cartridnya, keluarkan gabusnya, cuci dengan air bersih (hangat) keringkan, masukin lagi (termasuk gabus), lem pake superglue. isi tinta sedikit (4ml) tiap tabung (3 warna) . selamat mencoba.

      Balas

  13. Ridan Umy Mayida
    Apr 19, 2012 @ 19:21:24

    mas kalo katridge nya di masukkan trus kluar catridge incopatible itu gimana caranya mas???

    trimakasih.

    Balas

    • kang gudrill
      Apr 20, 2012 @ 13:04:46

      biasanya kalo ada kasus seperti itu, ganti dulu pake cartridge yg benar2 bagus, caranya : saat printer hidup buka cover ambil(copot) catridge yang error. pasang cartridge yang bagus. cartridge yang error kita bersihkan dulu bagian2 conector dan printhead dengan hati2. kalo sudah error parah bisa dipakai cara extrem untuk nanganin catridge error, sekira satu hari cartridge yang tadi error boleh dicoba dipasang lagi, caranya seperti langkah diatas.

      Balas

  14. dimas
    Apr 21, 2012 @ 04:45:07

    GW PRINTER WARNA KOK INK FAILUR, SDH GANTI CARTRIDGE BARU KOK TETAP FAILURE?

    Balas

    • kang gudrill
      Apr 21, 2012 @ 11:01:16

      Printer apa mas? cartridgenya sesuai? maksudnya tipe cartridge yang baru sama atau pas untuk tipe printernya? takutnya errornya cuma karena gak matching tipe cartridgnya.
      Tapi menurut pengalaman saya kalo cartridge baru masih failure biasanya dudukan cartrdge pada carriagenya gak pas, atau kadang kalo diinfus cartridgenya terllu ketat ketekan, biasanya Canon tipe baru misal : ip2770 sering kasus seperti itu. Coba periksa mungkin ada kotoran atau tinta diconector carirage(tempat nyimpan Cartridge). Coba pasang tanpa selang infus).

      Balas

  15. raden paijo
    Apr 26, 2012 @ 14:45:47

    printer hp gw catridge yg warna INK FAILURE kmdian gw beli cartridge baru, ternyata tetap FAILURE. kenapa ya? thx.

    Balas

    • kang gudrill
      Apr 30, 2012 @ 17:02:16

      KEMUNGKINAN posisi catridge kurang pas pada carriage/dudukannya. coba periksa carriage unitnya terutama connector carriage mungkin kurang baik/kotor, atau tertekuk. barangkali penting juga mungkin ada tekanan berlebih yang mengakibatkan catridge tidak pas pada posisinya(sering terjadi bila catridge diinpus, terganjal oleh slang).

      Balas

  16. Bocah Beler
    Apr 27, 2012 @ 09:54:41

    Mas,kalo saya bongkar plat-elektronik cartridge milik HP Deskjet 3940 gimana? karena kemaren itu saya sempat bersihin head-printnya cartridge HP 21 sama 22 pakai alkohol,mungkin alkoholnya sempat kena plat-elektroniknya itu. Kira2 masih bisa diperbaiki ato memang harus ganti dengan yg baru??!

    Terima kasih

    Balas

    • kang gudrill
      Apr 30, 2012 @ 17:07:44

      sebelum beli yang baru gak ada salahnya coba dulu diperbaiki, KERINGKAN plat electroniknya sebelum dipasang lagi. biasanya catridge hp cukup bandel untuk error, cuma yang sering memang catridge untuk hp harus sabar setelah isi tinta, hal ini karena Printer hp tidak mempunyai sistem pump/sedot tinta sendiri. Beberapa teman saya sering menyedot dulu pada bagian bawah(printhead) dengan sedotan khusus (bisa modif pakai suntikan yang ujungnya dilapisi karet) setelah isi tinta.

      Balas

      • Bocah Beler
        Apr 30, 2012 @ 21:05:55

        memang catridge HP Deskjet 3940 cukup bandel.,kadang saya aja sampe bingung cara suntik yg benar sperti apa. Karena ada yg bilang kalo plat-elektroniknya sampe kotor entah kena apapun, cartridge ‘gak bakal terbaca sama printernya.. :(

        Tapi kok saya jadi takut ya buat bongkar plat-elektroniknya?! Mas, bisa posting cara perbaiki plat-eletronik HP Desjet 3940 disini gak?!
        Mending bawa kepada ahlinya aja ya mas! Daripada cartridge error semua gara2 yg benerin amatiran.he..he..Tapi sukses deh buat postingan kang gudrill. Salam kenal dari Bocah Beler ajah.! he..he.. Besok rencana mau beli yg cartridge HP yg 21 dulu,22 belakangan..hehee..Terima kasih buat infonya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: